STRUKTUR DAN MUATAN
KURIKULUM
A. Struktur
Kurikulum
Struktur
kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalam muatan kurikulum pada setiap
mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang
harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam
struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi
dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan.
Struktur
kurikulum terdiri dari tiga komponen, yakni komponen mata pelajaran, muatan
local dan pengembangan diri. Komponen mata pelajaran dikelompokkan sebagai
berikut:
- Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
- Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
- Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
- Kelompok mata pelajaran estetika
- Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) dikembangkan berdasarkan
tujuan dan cakupan muatan dan atau kegiatan setiap kelompok mata pelajaran,
yakni :
- Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia bertujuan membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Tujuan tersebut dicapai melalui muatan dan atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olah raga dan kesehatan.
- Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian bertujuan membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan atau kegiatan agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya dan pendidikan jasmani.
- Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bertujuan: Mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis peserta didik. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan, dan/atau teknologi informasi dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan.
- Kelompok mata pelajaran Estetika bertujuan : membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan/dan atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan.
- Kelompok mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan : membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.
Adapun
Standart Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk masing-masing satuan
pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut :
- Agama dan Akhlak Mulia
a.
Mengamalkan ajaran agama yang
dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja.
b.
Menerapkan nilai-nilai kejujuran
dan keadilan.
c.
Memahami keberagaman agama,
budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi.
d.
Berkomunikasi dan berinteraksi
secara efektif dan satuan yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai
Makhluk Tuhan.
e.
Menerapkan hidup bersih, sehat,
bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya.
f.
Memanfaatkan lingkungan sebagai
makhluk ciptaan Tuhan secara bertanggungjawab.
g.
Menghargai perbedaan pendapat
dalam menjalankan ajaran agama.
- Kewarganegaraan dan Kepribadian
a.
Menerapkan kebersamaan dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi terwujudnya persatuan
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b.
Mematuhi aturan-aturan sosial,
hukum dan perundangan.
c.
Menghargai keberagaman agama,
budaya, suku, ras dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional.
d.
Memanfaatkan lingkungan secara
bertanggungjawab.
e.
Memahami kekurangan dan kelebihan
diri sendiri.
f.
Berkomunikasi dan berinteraksi
secara efektif dan santun
g.
Menunjukkan sikap percaya diri.
h.
Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis.
i.
Menunjukkan kemampuan belajar
secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
j.
Menghargai tugas pekerjaan dan
memiliki kemampuan untuk berkarya.
k.
Menunjukkan kebiasaan hidup
bersih, sehat, bugar dan aman dalam kehidupan sehari-hari.
l.
Memahami hak dan kewajiban diri
dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
m.
Menghargai adanya perbedaan
pendapat.
n.
Menghargai karya seni dan budaya
nasional Indonesia.
- Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
a. Mencari dan menerapkan informasi secara logis,
kritis dan kreatif.
b.
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif.
c. Menunjukkan kemampuan belajar
secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
d. Menunjukkan kemampuan
menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
e. Mendeskripsikan gejala alam dan sosial.
f. Memanfaatkan lingkungan secara
bertanggungjawab.
g. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki
kemampuan untuk berkarya.
h. Menerapkan hidup bersih, sehat bugar, aman
dan memanfaatkan waktu luang.
i.
Memiliki keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam
bahasa Indonesia dan Inggris sederhana.
j. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk
mengikuti pendidikan menengah.
4. Estetika
a.
Memanfaatkan lingkungan untuk
kegiatan apresiasi seni.
b.
Menghargai karya seni, budaya, dan
keterampilan sesuai kekhasan lokal.
c.
Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis karya seni
- Jasmani, Olah Raga, dan Kesenian
a.
Menunjukkan kebiasaan hidup
bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang dengan memanfaatkan
lingkungan secara bertanggung jawab.
b. Mencari dan menerapkani informasi tentang potensi sumber daya
local untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, dan memanfaatkan waktu luang.
B. Muatan
Kurikulum
Struktur Kurikulum MA Al Adzkar Pucanggading
Mranggen meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang
pendidikan selama tiga (3) tahun mulai Kelas X (sepuluh) sampai dengan Kelas
XII (duabelas). Struktur Kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi
lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.
Pengorganisasian kelas-kelas pada MA Al Adzkar,
yaitu kelas X, kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terdiri atas
satu program yaitu Program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
1. Kurikulum MA Al Adzkar Kelas X
a. Kurikulum MA Al Adzkar Kelas X terdiri atas 35 mata pelajaran, muatan lokal, dan kepesantrenan seperti
tertera pada Tabel 1.
b. Jam
pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera
dalam struktur Kurikulum.
c. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
· Senin sampai Kamis 12 (Dua
belas) jam pelajaran
· Jumat 11 (Sebelas) jam
pelajaran
· Sabtu 9 (Delapan) jam
pelajaran
d. Minggu
efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 35 minggu. Yang
terdiri dari 16,78 minggu pada semester Ganjil dan 17,33 minggu pada semester
Genap.
2. Kurikulum MA
Al Adzkar Kelas XI
a. Kurikulum MA
Al Adzkar Kelas XI Program IPS, terdiri atas 31 mata pelajaran, muatan lokal, dan kepesantrenan seperti
tertera pada Tabel 1.
b. Jam
pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam
struktur Kurikulum.
c. Alokasi
waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
· Senin sampai Rabu 12 (Dua
belas) jam pelajaran
· Kamis sampai Jum’at 11
(Sebelas) jam pelajaran
· Sabtu 9 (Delapan) jam
pelajaran
d. Minggu
efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 35 minggu. Yang
terdiri dari 16,78 minggu pada semester Ganjil dan 17,33 minggu pada semester
Genap.
3. Kurikulum MA
Al Adzkar Kelas XII
a. Kurikulum MA
Al Adzkar Kelas XI Program IPS, terdiri atas 30 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti
tertera pada Tabel 1.
b. Jam
pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam
struktur Kurikulum.
c. Alokasi
waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
· Senin sampai Rabu 12 (Dua
belas) jam pelajaran
· Kamis sampai Jum’at 11
(Sebelas) jam pelajaran
·
Sabtu 7 (Delapan) jam pelajaran
4. Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk
mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi madrasah,
termasuk keunggulan madrasah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari
mata pelajaran lain dan/atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata
pelajaran tersendiri.
Adapun komponen muatan lokal merupakan bagian
integral dari struktur kurikulum dalam kurikulum MA Al Adzkar Pucanggading dan merupakan pengembangan dari mata pelajaran
kurikulum. Berkenaan dengan keberadaan madrasah yang berada dilingkungan
pesantren, maka Struktur kurikulum MA Al Adzkar terintregalisasi dengan kurikulum
pesantren yang ditempuh dalam satu
jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas X sampai kelas XII, yakni:
a)
Dasar-dasar Ilmu Islam: Tafsir Al Quran, Sarah Hadits, Fikih Kitab, Tauhid Kitab, Akhlak Kitab, Nahwu, Shorof, Tajwid.
b)
Pengembangan
Ilmu Islam: Ulumul Quran, Mustholah
Hadits, Ushul Fiqih, Balaghoh, Tarihkut Tasri’, Qowaidul Fiqih, Muhadatsah,
Convertation
5. Kegiatan Pengembangan
Diri
Berdasarkan kondisi obyektyif sekolah maka kegiatan
pengembangan diri dipilih dan ditetapkan
adalah :
a. Pramuka d.
Aikido
b. Rebana e. Sepak Bola
c. Seni Baca Al
Qur’an f. Jurnalisme
Kegiatan
Pengembangan Diri diberikan di luar jam pembelajaran (ekstrakurikuler) dibina
oleh guru-guru yang memiliki kualifikasi yang baik berdasarkan surat keputusan
Kepala Madrasah.
a) Jadwal
Kegiatan
NO
|
NAMA
KEGIATAN
|
HARI
|
WAKTU
|
1
|
Pramuka
|
Jum’at
|
16.30 – 17.30
|
2
|
Rebana
|
Kamis
|
16.30 – 17.30
|
3
|
Seni Baca Al Qur’an
|
Selasa
|
16.30 – 17.30
|
4
|
Aikido
|
Ahad
|
08.00 – 10.00
|
5
|
Sepak Bola
|
Sabtu
|
16.30 – 17.30
|
6
|
Jurnalisme
|
Rabu
|
16.30 – 17.30
|
b) Penilaian
Kegiatan pengembangan diri dinilai dan
dilaporkan secara berkala kepada sekolah dan orang tua dalam bentuk kualitatif :
Kategori
|
Keterangan
|
A
|
Sangat Baik
|
B
|
Baik
|
C
|
Cukup
|
D
|
Kurang
|
6. Pengaturan Beban Belajar
Kelas
|
Satu
jam pembelajaran tatap muka/menit
|
Jumlah
jam pembelajaran per minggu
|
Minggu
efektif per tahun ajaran
|
Waktu
pembelajaran/jam per tahun
|
X
|
45 menit
|
65 jam
|
35 minggu
|
1.680 jam
|
XI
|
45 menit
|
63
jam
|
35 minggu
|
1.680 jam
|
XII
|
45 menit
|
61
jam
|
1.680 jam
|
Tabel 1.
STRUKTUR KURIKULUM MA AL ADZKAR KELAS X-XI
|
|||||||
NO
|
KOMPONEN
|
ALOKASI WAKTU
|
|||||
X
|
XI/IPS
|
XII/IPS
|
|||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
||
A
|
Mata Pelajaran
|
||||||
1
|
Pendidikan
Agama Islam
|
||||||
a.
Alquran Hadits
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
b.
Fiqih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
c.
Aqidah Ahlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
d.
Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
2
|
PKN
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4
|
Bahasa
Arab
|
4
|
4
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7
|
Fisika
|
2
|
2
|
||||
8
|
Biologi
|
2
|
2
|
||||
9
|
Kimia
|
2
|
2
|
||||
10
|
Sejarah
|
1
|
1
|
3
|
3
|
3
|
3
|
11
|
Geografi
|
1
|
1
|
3
|
3
|
3
|
3
|
12
|
Ekonomi
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
13
|
Sosiologi
|
2
|
2
|
3
|
3
|
2
|
2
|
14
|
Seni
Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
15
|
Penjasorkes
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
16
|
TIK
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
17
|
Ketrampilan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B
|
Muatan
Lokal *)
|
||||||
18
|
Bahasa
Jawa
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C
|
Kepesantrenan
|
||||||
17
|
Tafsir
Al Quran
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
18
|
Sarah
Hadits
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
19
|
Fikih
Kitab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
20
|
Tauhid
Kitab
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
21
|
Akhlak Kitab
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
22
|
Nahwu
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
23
|
Shorof
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
24
|
Tajwid
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
25
|
Ulumul
Quran
|
2
|
2
|
||||
26
|
Mustholah
Hadits
|
1
|
1
|
||||
27
|
Ushul
Fiqih
|
1
|
1
|
||||
28
|
Balaghoh
|
1
|
1
|
||||
29
|
Tarihkut
Tasyri'
|
2
|
2
|
||||
30
|
Qowaidul
Fiqih
|
1
|
1
|
||||
31
|
Muhadatsah
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
32
|
Convertation
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
D
|
Pengembangan
Diri *)
|
||||||
Jumlah
|
65
|
65
|
63
|
63
|
61
|
61
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar